Sebanyak 250 siswa di Pekalongan dan Batang ikuti English and Arabic Camp, MAN Insan Cendekia Pekalongan jadi Tuan Rumah

Pekalongan (Kota) -Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris dan Bahasa Arab MA Se-Kota Pekalongan berkolaborasi melalui kegiatan “English and Arabic Camp” yang diikuti 250 siswa dari 9 Madrasah Aliyah (MA) Kota Pekalongan, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pekalongan dan Batang. Kegiatan ini dilaksanakan di MAN Insan Cendekia (IC) Pekalongan dan Yayasan Almaliki Indonesia Pekalongan pada hari Kamis – Jumat, tanggal 10-11 November 2022.

Kegiatan English dan Arabic Camp ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Pekalongan, Kepala Baznas Kota Pekalongan,  Kepala MA Kota Pekalongan se-Kota Pekalongan, Guru mapel Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.

Kepala Kantor Kemenag,  H.Kasiman Mahmud Desky mengatakan, belajar bahasa asing dalam dunia akademik menjadi suatu keniscayaan. Bahasa juga merupakan jembatan untuk berinteraksi dengan dunia luar dalam konteks mewujudkan Madrasah Mandiri Berprestasi. “Dengan adanya acara Language Camp ini diharapkan budaya bertutur dengan ragam bahasa asing, menjadi budaya akademik yang diikuti oleh guru-guru dan siswa madrasah” tuturnya.

Disisi lain, Kepala MAN IC Pekalongan, Khoirul Anam dalam sambutannya sangat mengapresiasi para guru dan siswa-siswi MA se-Kota Pekalongan yang mampu berkolaborasi dalam pengembangan bahasa asing tersebut. “Kami mengapresiasi kegiatan ini, para guru dan siswa-siswi MA se-Kota Pekalongan mampu berkolaborasi dalam pengembangan bahasa asing melalui kegiatan English dan Arabic Camp, hal ini menunjukkan bahwa Madrasah satu dengan yang lainya saling memberikan manfaat” tukasnya.

Sementara itu, ketua panitia English dan Arab Camp, Achmad Chosim menuturkan bahwa peran guru sangat penting untuk menjadi lokomotif dan leader dalam suatu kegiatan literasi secara umum. “Kegiatan yang digelar untuk menyemarakkan Bulan Bahasa dan kegiatan Literasi Madrasah, sebagai upaya menciptakan atmosfer akademis”. Pungkasnya.

Dengan diselenggarakannya English And Arabic Camp pada tanggal 10-11 November 2022, berharap setelah kegiantan selesai peserta akan membiasakan dengan komunikasi bahasa asing di lingkungan Madrasah. (Rep/Ft : ltf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.