Aksi Literasi Perpustakaan Ainun Habibie MAN Insan Cendekia Pekalongan

Kota Pekalongan (ICP)-Tim Perpustakaan Ainun Habibie Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Pekalongan menggelar kegiatan Aksi Literasi. Kegiatan diikuti semua peserta didik MAN IC Pekalongan di Gedung Serba Guna (8/21/2022).

Kepala MAN IC Pekalongan sekaligus penasihat pelaksana kegiatan ini memberikan sambutan dengan mengajak peserta didik untuk menggali ilmu pengetahuan menambah referensi buku agar menjadi generasi yang unggul dalam disetiap tantangan zaman. Beliau membuka cakrawala berpikir agar semakin berilmu semakin rendah hati, banyak memberikan kemanfaatan dan kemaslahatan bagi bangsa dan negara.

Tidak lupa beliau mengingatkan “peserta didik agar selalu bersikap moderat saling menghargai satu dengan lainnya itulah Bhinneka Tunggal Ika, Walau berbeda-beda tetap satu jua”. Hendaknya pendidikan merdeka belajar ini peserta didik lebih banyak berinovasi dan kreatif.

Dilaksanakan pula pengukuhan Duta Baca Perpustakaan Ainun Habibie sejumlah 8 siswa, dan pemberian apresiasi pemustaka aktif bagi 2 Tenaga Kependidikan madrasah. Agar susana lebih mencair, diadakan Quiz. Riuh tepuk tangan campur semangat peserta menjadi semangat bagi Tim Pelaksana kegiatan.

Lanjut materi kedua oleh Sri Bulan selaku Kepala Perpustakaan mengenalkan betapa pentingnya perpustakaan di lingkungan madrasah. Beliau berharap perpustakaan ini terus berkembang dan sebagai pusat literasi dan referensi. Dengan sikap demokratis beliau juga membuka lebar kritik dan saran untuk memajukan perpustakaan agar target visi misi perpustakaan tercapai. Kemudian dilanjutkan kegiatan aksi literasi dengan merangkai kata dimana peserta didik menulis di lembar kertas. Aksi literasi ini diharapkan mampu membangkitkan potensi yang terpendam agar gemar membaca dan menulis.

Pemateri ketiga Ustadz Andri mengenalkan perpustakaan digital dimana user dapat melihat data buku dari jauh tanpa harus datang ke perpustakaan. Launching SLiMS perpustakaan masih dalam proses pembuatan kartu anggota. Kedepannya beliau berharap dalam pembelian buku mendapatkan softfile agar terwujud library digital yang optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.