Pekalongan (ICP) –  Muhammad Wildan asal Batang , siswa MAN Insan Cendekia Pekalongan mendapatkan medali Perak Nasional pada Olimpiade Bahasa Arab (OBA) ke-3 kategori MA/MAN  se-Indonesia. , Selasa (12/11/2019).

Guru Bahasa Arab MAN Insan Cendekia Pekalongan, Chosim mengatakan; Grand Final Olimpiade Bahasa Arab Nasional dilaksanakan bersamaan dengan  Muktamar Nasional II Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab Se- Indonesia.

“Kegiatan besar  dalam rangka muktamar nasional  dan grand final Olimpiade Bahasa Arab (OBA) ke 3 antar pelajar se-Indonesia. Alhamdulillah MAN Insan Cendekia Pekalongan, berhasil meraih medali Perak,” kata Chosim.

“Saya sangat bersyukur atas capaian medali perak. Sebab, ini kali pertama kali keikutsertaan MAN IC Pekalongan di Olimpiade Bahasa Arab dan langsung ke Grand Final”. Kata wildan ditemui setelah acara..

Kompetisi ini iikuti oleh perwakilan 3-5 siswa terbaik dari 26 provinsi di Indonesia. Untuk kategori 3 kelompok MAN dan swasta diikuti oleh 70 peserta. Mereka berasal dari berbagai tipologi MA, dari madrasah reguler, madrasah berbasis pesantren, MAPK dan MAN  IC.

“Persaingan mereka menjadi yang terbaik sangat ketat. Tidak hanya akurasi (ketepatan jawaban) yang didasarkan baiknya penguasaan materi Bahasa Arab yang dituntut, namun juga kecepatan dalam penyelesaian soal-soal olimpiade (berbasis HOTs) yang disediakan,” tambah chosim..

Ucapan terima kasih kepada Kepala MAN IC Pekalongan, guru pembimbing, seluruh guru dan karyawan, serta seluruh civitas akademika MAN IC Pekalongan yang telah mendo’akan demi kesuksesan yang telah diraih.

Kegiatan Olimpiade dan Mu’tamar guru bahasa arab itu ditutup secara resmi Selasa (12/11) oleh Kepala P4TK Bahasa Kemendikbud RI. Menyampaikan “ kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa, diikuti peserta 26 Provinsi dari 34 Provinsi hadir dalam kegiatan ini, terima kasih kami sampaikan kepada pencetus penyelenggara OBA, mudah-mudahan berlanjut dan selalu eksis. “ tuturnya..* (Sim)