PEKALONGAN (ICP) – Keluarga besar MAN Insan Cendekia Pekalongan menggelar kegiatan Jum`at bersih dengan melakukan kegiatan bersih-bersih di lingkungan madrasah setempat, Jumat (10/9).  Gerakan tersebut dilakukan dengan membersihkan lingkungan madrasah dari berbagai jenis sampah. Kegiatan tersebut menindak lanjuti surat Nomor : 11055/Kw.11.1/5/HM.00/09/2019, tertanggal 29 September 2019 tentang Gerakan Jum`at Bersih.

Wakamad Humas MAN Insan Cendekia Pekalongan, Ustadz Chosim Lc., M.Pd., menyatakan, Gerakan Jum’at Bersih ini sebagai langkah awal untuk menanamkan dalam diri kita terkait kesadaran terhadap lingkungan, melatih diri untuk menempatkan sesuatu pada tempatnya dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Kebersihan sendiri merupakan bagian dari Iman. Dalam pelaksanaannya, kata dia, kegiatan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil untuk membersihkan asrama guru, kelas, lingkungan madrasah, asrama siswa dan lain sebagainya. Kemudian, terdapat siswa yang berkeliling dengan membawa tempat sampah yang digunakan untuk memunguti sampah dari para pemungut sampah.

“Kegiatan bersih-bersih ini dilakukan sejak pukul 6.40 – 7.20 Wib, kemudian dilanjutkan oleh seluruh karyawan MAN Insan Cendekia Pekalongan sesuai job-job yang sudah di tugaskan oleh koordinator,” terang Ustadz Chosim Lc., M. Pd., ditemui disela-sela pelaksanaan Gerakan Jum’at Bersih.

كما قالت انديتا : هذه الأنشطة جيدة جدا بنسبة لنا الطلاب من المدرسة العالية انسان جنديكيا، لأن الأنشطة تدريبا لنا على تنظيف البيئة المدرسة وتنمية لنا على اهتمام الحياة الصحية

Yunda, salah satu siswa, menyatakan sebagai siswa MAN Insan Cendekia sepenuhnya mendukung program gerakan Jum’at Bersih. Menurutnya, melalui program tersebut, diajarkan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan yang kita tempati, melatih diri tanggung jawab akan hidup bersih dan harapannya program ini terus dijalankan karena kebersihan adalah sebagian daripada Iman. “Kalau bisa setelah bersih-bersih ada jajannya,” kelakarnya, dengan wajah senyum.

Sementara, Kepala MAN Insan Cendekia Pekalongan, Mashuri, S.Ag., M. Th.I., menambahkan, Gerakan Jum’at Bersih ini merupakan bentuk pembelajaran kepada peserta didik sebagai wujud mencintai alam, peduli lingkungan dan menjadikan MAN Insan Cendekia Pekalongan sebagai gerakan مدرستي جنتي، جنتي مدرستي. tuturnya. Setelah kegiatan ini berlangsung, dilanjutkan dengan kegiatan belajar mengajar seperti biasa. Kegiatan ini diharapkan agar lingkungan madrasah menjadi bersih dan nyaman. Dan mengajarkan kepada warga madrasah bahwa menjaga kebersihan adalah tanggung jawab bersama. (*) (Rep/Ft: Emil)