PEKALONGAN (ICP)– Pada Hari Sabtu (26/10) Nusaybara Champion yang diadakan oleh Dewan Ambalan Nusaybara MAN Insan Cendekia Pekalongan, diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI (Estrellas De Quatro dan Lucretia Hugo Quint) di sekolah ini. Kegiatan ini disambut dengan meriah oleh mereka.

Acara ini diawali dengan upacara pembukaan Nusaybara Champion di Gedung serba guna (GSG) dengan Pembina Ust. Wiwid Handoko, dengan ketua panitia Nusaybara Champion (Fikri Naufal Hamdi). Dalam acara Nusaybara Champion terdapat berbagai jenis lomba-lomba antar kelas seperti Maskot, Duta Pemuda, running chair, estafet, happy washing, cipta baca puisi dan volly sarung. Lomba-lomba tersebut melatih peserta dalam berbagai aspek seperti kekompakan, kerjasama, komunikasi, kefokusan, kelincahan, dan kecepatan.6

Pukul 08.00 semua peserta sudah siap di sepanjang jalan disamping asrama putra dengan maskot kelasnya, dan masing-masing kelas menyanyikan yel-yel penyemangat sambil berjalan. Lomba-lomba pun dimulai yakni estafet, volly sarung dan happy washing. “Lomba estafet terdiri dari 3 orang yaitu penggiring ban dengan kayu-eggrang-minum jamu dilanjut balap karung menggunakan helm), kemudian lomba happy washing terdiri dari 4 orang, sedangkan volly sarung terdiri dari 4 putra dan 4 putri” tutur salah satu anggota dewan ambalan. Dan berakhirnya ketiga permainan tersebut setelah adzan dzuhur berkumandang

Lomba selanjutnya yaitu running chair yang dilaksanakan setelah sholat ashar. Setiap kelas mengirim perwakilan satu putra dan putri. Setiap peserta diharuskan berjoget lalu duduk di kursi yang disediakan panitia, dalam permainan ini dibutuhkan kelincahan, fokus dan kecepatan, Partisipasi kelas X dan XI cukup besar dengan adanya Keceriaan dan keseruan yang terlihat diwajah kelas X dan XI.

Lomba terakhir sekaligus acara puncak dari Nusaybara Champion yaitu pemilihan duta pemuda dan cipta baca puisi. Lomba ini mewajibkan setiap kelas mengirimkan duta dari kelas masing-msing dengan perpakaian tokoh Indonesia, seperti X MIPA 1 (Nyai Wahidah), X MIPA 2 (Si Unyil), X MIPA 3 (Martha Christina Tiahahu), X IPS (Ki Hajar Dewantara), XI MIPA 1 (BJ. Habibie), XI MIPA 2 (Martha Christina Tiahahu), XI MIPA 3 (Supriyadi) dan XI IPS (Dewi Sartika). Dari masing-masing kelas menunjukan perform terbaiknya didepan juri, dan terpilihlah 3 perwakilan yang lolos final yaitu X IPS (Gaza Rizal Hidayat), XI MIPA 1 (M. Izzudin Shobar) dan XI MIPA 3 (Averoes Gibraltar Makta).

Setelah perwakilan yang lolos fnal menampilkan bakat mereka, acara duta pemuda diselingi dengan penampilan dari Nisa Awwalia Nurul Ilmi, acara selanjutnya yaitu pengumuman pemenang lomba dimulai dari lomba estafet Juara 1 (XI IPS), Juara 2 (X IPS), lomba happy washing Juara 1 (XI MIPA 2), Juara 2 (X MIPA 2), lomba volly sarung Juara 1 (XI MIPA 1), Juara 2 (X MIPA 3) lomba running char putra dimenangkan oleh XI MIPA 3, dan lomba running char putri dimenangkan oleh X MIPA 1, dan duta pemuda Juara 1 (X IPS), Juara 2 (XI MIPA 1), Juara 3 (XI MIPA 3). Acara semakin meriah pada saat pengumuman juara umum, dan “Juara Umum Nusaybara Champhion” diraih oleh kelas X IPS. *( Rep/Ft : Eml, MR)