Pekalongan (ICP) – Dalam rangka meningkatkan prestasi dibidang akademik MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang, sebanyak 53 siswa-siswi kelas IX dan 4 guru pendamping melaksanakan kunjuangan ke MAN Insan Cendekia Pekalongan pada Senin (23/9/2019) di (GSG) Gedung Serba Guna MAN Insan Cendekia Pekalongan di sambut baik oleh Kepala Madrasah, Wakil Pimpinan dan seluruh jajaran Tata Usaha.

Wakil bidang Humas menyampaikan “ Kalau tujuan observasi dan studi banding untuk memotivasi siswa-siswi kelas IX dalam mempersiapkan UNBK dan kelanjutan studi ke jenjang berikutnya maka sejalan dengan visi dan misi MAN Insan Cendekia Pekalongan”.tuturnya..

Dalam acara studi banding Kepala Madrasah H. Mashuri, S.Ag., M.Th.I dalam sambutanya” Sebagai generasi milineal sekarang ini harus mempunyai impian-impian yang sangat tinggi demi menggapai cita-cita di masa yang akan datang. Juga beliau mengatakan pentingnya memberikan motivasi kepada para dewan guru sebagai penggerak pendidikan untuk menyiapkan generasi yang akan datang.”

Kegiatan studi banding yang berlangsung sekitar 2 jam dengan beberapa materi dari bidang kurikulum, Kesiswaan, OSIS MAN Insan Cendekia saling memaparkan program-progam MAN Insan Cendekia Pekalongan. Untuk mencapai hasil yang baik tentunya tidak bisa diraih dengan cara instant, seperti capaian yang diraih oleh siswa-siswi MAN Insan Cendekia Pekalongan pada pelaksanaan UNBK sebagai raihan tertinggi di tingkat SMA/MA Se-Jawa Tengah. Wakil Bidang Kurikulum Moch. Rosyid dalam paparan materinya  “ Bahwa strategi yang dilakukan oleh MAN Insan Cendekia Pekalongan dalam mempersiapkan menghadapi UNBK, UAMBN, Ujian-ujian lainya antara lain memaksimalkan kegiatan belajar mengajar, menambah kegitan-kegitan di luar jam pelajaran seperti ; Pendalaman Materi (PM) yang dilakukan pada sore hari, Tutor Sebaya (TS) yang dilakukan pada malam hari dan belajar mandiri di Asrama. Adapun kegiatan jam tambahan dimulai pada bulan Agustus pada semester gasal”.

OSIS MAN Insan Cendekia sebagai organisasi turut andil dalam kegitan ini,  memberikan pengalaman kepada siswa-siswi kelas IX MTs Wahid Hasyim tips cara mempersiapkan masuk di MAN Insan Cendekia khususnya di Pekalongan umumnya di MAN Insan Cendekia seluruh Indonesia. Sebagai bentuk sharing ide dari perwakilan MTs Wahid Hasyim juga memberikan pengalamannya melalui suatu program E-Commerce sebagai bentuk melatih kewirausahaan didalam organisasi. Dan juga OSIS memandu Siswa-Siswi MTs Wahid Hasyim mengajak ke ruang belajar mengajar, mengenalkan lingkungan madrasah secara berkelompok.

Bapak Kuwat, S. Ag. Sebagai Wakil Kepala MTs Wahid Hasyim” menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih kepada MAN Insan Cendekia Pekalongan terjalin silaturahmin dan beliau memberikan motivasi kepada seluruh siswa-siswinya berharap bisa melanjutkan di MAN Insan Cendekia Pekalongan.”

“Kami sangat senang dan terharu bisa melaksanakan kegitan ini, terjalinnya silaturahim yang baik dan tambahnya pengetahuan untuk peserta didik dan pendidik. Kami selalu mendo’akan untuk semua civitas MAN Insan Cendekia Pekalongan selalu sehat dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT”. Sambung Ibu BK MTs Wahid Hasyim..

Acara kegiatan observasi dan studi banding ditutup dengan ramah tamah dengan memberikan cindramata secara simbolis dan foto bersama. (Rep/Ft: Baba Khaula)