PEKALONGAN (ICP) – Gabungan dari beberapa satuan seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Polri, Organisasi Perangkat Daerah, komunitas peduli lingkungan dan masyarakat ikut serta dalam kegiatan bersih-bersih sungai di Sungai Bumirejo, Kecamatan Pekalongan Selatan Kota Pekalongan, Kamis (26/9). Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menanggulangi bencana banjir akibat eceng tanaman gondok.

Kegiatan tersebut diawali dengan apel bersama pembukaan di Lapangan MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan yang dilaksanakan dengan tertib. Kepala BPBD Kota Pekalongan, Suseno SH, menyatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka pengurangan risiko bencana. “Sekarang ini musim kemarau panjang, menuru tprediksi sampai bulan November. Sehingga, sangat tepat ketika musim kemarau kita bersih-bersih sungai agar tiba waktu musim penghujan sungai tidak tersumbat lagi,” tutur Suseno.

Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi Setda Kota Pekalongan, Agust Marhaendayana M M,menyampaikan bahwa kegiatan bersih-bersih sungai ini merupakan kegiatan rutin pemerintah setempat. Dijelaskan, kegiatan in imemiliki dua manfaat, pertama jelas sungaimenjadi bersih dan yang kedua terhindar dari banjir. “Jika keduanya tercapai, otomatis fungsi sungai sebagai aliran airsaat hujan dan aliran irigasi bisa berjalan sehinggabisa digunakan untuk sawah-sawah masyarakat,” terang Agust. Pihaknya menambahkan, bahwa eceng gondok tersebut akan ditampung di TPA dan membebaskan masyarakat yang ingin memanfaatkannya sebagai pupuk organik atau kerajinan.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Lurah Banyurip H Sudaryo SH, dan pihaknya berpendapat bahwa kebersihan lingkungan sungai ini merupakan tanggung jawab antara pemerintah dengan masyarakat. Namun yang paling berperan adalah pemerintah. “Pemerintah mengajak masyarakat dan aparat pemerintah memberi contoh kepada masyarakat,” tegasnya.

Pegiat lingkungan Komunitas Sapulidi (Sadar Peduli Lingkungan) turut hadir dalam acara ini. Mereka turut berpartisipasi dalam mengangkat eceng gondok ynag ada di sungai. Dicko Handono, selaku Ketua Komunitas Sapulidi Kota Pekalongan merasa bahagia dan senang terkait kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat baik dilaksanakan dan mempunyai dampak yang menguntungkan bagi masyarakat. Beberapa karyawan MAN Insan Cendekia Pekalongan juga ikut berperan dalam kegiatan ini.

Harapan para peserta untuk kegiatan ini adalah agar kegiatan dimaksud bisa berlanjut dan masyarakat, bisa lebih sadar untuk menjaga kebersihan lingkungan sungai.  Kepala MAN Insn Cendekia Pekalongan, Mashuri S.Ag M.Th.I  menyatakan, terima kasihnya kepada BPBD sebagai penggerak dan seluruh partisipan kegiatan bersih-bersih sungai disekitar MAN Insan Cendekia Pekalongan. Dikatakan, dengan adanya kegiatan tersebut bisa menjadikan kesadaran kita bersama pentingnya menjaga lingkungan dan memulai peduli untuk membuang sampah, limbah pada tempatnya agar sungai tampak bersih dan nyaman. “Sebagai lembaga kami sepenuhnya mendukung kegiatan seperti ini dan harapannya ke depan terjadwal oleh dinas yang terkait.,” pungkasnya. (*) (Rep/Ft: Eml/Shff)