Boyolali (ICP) – Musabaqoh Tilwah Al-Quran (MTQ) Umum XXVIII tingkat provinsi Jawa Tengah akhirnya resmi dibuka. Kegiatan ini hasil kerja sama antara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) dengan Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dan berlangsung selama 3 hari, Senin hingga Rabu tanggal 16-18 Desember 2019, dan mengambil tempat di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Acara pembukaan dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2019, yang sedianya akan dibuka secara langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, namun karena beliau berhalangan, akhirnya diwakili oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah untuk membuka kegiatan tersebut secara resmi.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Bapak Taj Yasin (yang akrab dipanggil dengan Gus Yasin) menyampaikan : bahwa pemerintah provinsi Jawa Tengah akan selalu mengapresiasi kegiatan MTQ dalam bentuk yang nyata, yaitu dengan penganggaran yang baik dari pemerintah provinsi untuk kegiatan tersebut. Diharapkan dari kegiatan MTQ ini  mampu meningkatkan kecintaan terhadap Al-Quran.tuturnya…

MAN Insan Cendekia Pekalongan dipercaya oleh Kementerian Agama Kota Pekalongan untuk menjadi delegasi dalam kegiatan MTQ tahun 2019. Siswa-siswi MAN Insan Cendekia Pekalongan tidak mengikuti semua cabang lomba MTQ kali ini. Mereka berpartisipasi pada cabang lomba tahfidz al-Quran (5 juz dan Tilawah dan 10 juz), Fahm Al-Quran, dan  Syarh Al-Quran).

“Alhamdulillah, dengan ridlo Allah SWT. dan doa seluruh keluarga besar MAN Insan Cendekia, pada cabang Fahm Al-Quran siswa MAN Insan Cendekia Pekalongan mampu meraih juara 1 pada MTQ umum tingkat provinsi Jawa Tengan ke-28 tahun 2019. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menumbuhkan rasa kecintaan siswa-siswi terhadap Al-Quran”. kata Ayahe Aiman ditemui setelah babak final selesai….

Keikutsertaan kegiatan ini merupakan kali pertama bagi MAN Insan Cendekia Pekalongan pada cabang Fahm Al- Qur’an dan mampu menembus babak final serta menjadi sang juara. (Ft/Rep : Ayh/Aimn)