Pekalongan (ICP) – Sejumlah siswa dan guru MAN Insan Cendekia Paser Kalimantan Timur mengunjungi MAN Insan Cendekia Pekalongan dalam rangka studi kolaborasi wawasan tahun ini. Studi kolaborasi wawasan yang diikuti oleh 49 siswa kelas X MIPA & kelas X IPS ini berlangsung selama satu hari. (23/10) Tujuan diadakannya studi kolaborasi wawasan ini antara lain untuk menjalin silaturahmi dan menambah wawasan mengenai kegiatan di MAN Insan Cendekia Pekalongan yang tentunya berbeda dengan kegiatan di MAN Insan Cendekia Paser. “MAN Insan Cendekia Pekalongan kan jadi topic hangat di Insan Cendekia lainnya, ya karena prestasi prestasi yang diraih saat UNBK menjadi urutan ke-12 peringkat Nasional jenjang SMA/MA se-Indonesia, KSM ( Kompetisi Sains Madrasah), maaupun OSN (Olimpiade Sains Nasional )” Ungkap Kepala Sekolah MAN Insan Cendekia Paser, Bapak Khoirul Anam M.Pd.I.

Siswa beserta guru sampai di MAN Insan Cendekia Pekalongan pukul 08.00 dan disambut oleh beberapa perwakilan dari organisasi seperti OSIM, MPS, dan Keasramaan. Acara penyambutan diisi dengan sambutan-sambutan dan penjabaran rangkaian kegiatan yang akan diikuti para siswa MAN Insan Cendekia Paser selama di MAN IC Pekalongan. Setelah sambutan selesai, para siswa ikut kegiatan belajar mengajar di kelas. Para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok berisi 6 orang dan belajar di kelas yang berbeda-beda. Di sore hari, diadakan pertandingan futsal antar siswa MAN Insan Cendekia Paser dan MAN Insan Cendekia Pekalongan. Kegiatan terakhir yang diikuti para siswa adalah seminar kebangsaan pada malam harinya.

Meskipun tergolong singkat, kepala sekolah serta para guru berharap kegiatan ini dapat menjadikan contoh bagi IC Paser dalam prestasi prestasinya. Harapan harapan kepala Madrasah MAN Insan Cendekia Paser tertuang dalam misi Insan Cendekia sendiri.

Lain dari itu, MAN Insan Cendekia Paser juga mengadakan studi kolaborasi di universitas universitas di Yogyakarta. Tujuan di adakannya studi kolaborasi itu adalah memberikan gambaran kepada para muridnya untuk memilih universitas dimasa yang akan datang. (Rep/Ft: Emil)