SNPDB

MAN Insan Cendekia Pekalongan

A. LATAR BELAKANG

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Pekalongan merupakan salah satu prototipe madrasah unggulan berbasis asrama di Indonesia. Pendirian MAN Insan Cendekia ini bertujuan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang Keimanan dan Ketakwaan (IMTAK), menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), mempunyai wawasan keislaman dan kebangsaan yang baik, serta mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Di samping itu, keberadaan MAN Insan Cendekia ini diharapkan dapat berfungsi sebagai Magnet School,yaitu menjadi model dan inspirasi bagi madrasah-madrasah lain di sekitarnya.

SNPDB MAN IC ini merupakan salah satu instrumen untuk menjaring calon peserta didik yang potensial ditinjau dari sisi akademik, keagamaan, kepribadian, dan kesehatan, sehingga diharapkan dapat mengikuti pendidikan secara optimal di madrasah dengan sistem berasrama. Di samping itu, SNPDB MAN IC Tahun Pelajaran 2019/2020 diharapkan dapat menjaring peserta didik yang berpotensi, yang dapat dilihat dari beberapa indikator tes bakat skolastik peserta didik berupa: kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif /numerik, kemampuan logika /penalaran, dan kepribadian, serta tes akademik yang meliputi bidang studi: Matematika, IPA (Fisika dan Biologi), Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.

  1. Jalur Reguler,yaitu seleksi melalui Jalur Tes menggunakan Computer Based Test (CBT).
  2. Jalur Prestasi,yaitu seleksi tanpa tes, khusus untuk peserta didik MTs/SMP peraih medali emas/juara 1 di bidang sains pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN), Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional, OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) tingkat Nasional, MYRES tingkat nasional, Lomba Penelitian/Karya Ilmiah yang diselenggarakan oleh Pemerintah (Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, LIPI, dan Kementerian Ristek Dikti).

Kuota Pendaftar Per MTs/SMP (Berasal dari dalam maupun luar Provinsi Jawa Tengah)

  1. MTs/SMP yang jumlah Rombel nya lebih dari 5, dapat mendaftarkan 20 siswa/i nya.
  2. MTs/SMP yang jumlah Rombel nya kurang dari 5, dapat mendaftarkan 10 orang siswa/i nya.
  1. Persyaratan Madrasah/Sekolah
    1. Mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
    2. Telah terdaftar di EMIS (bagi madrasah) dan DAPODIK (bagi sekolah) secara lengkap dan benar.
    3. Mempunyai Sertifikat Akreditasi dari BAN-S/M.
  2. Persyaratan Bagi Siswa/i Pendaftar
    1. Merupakan peserta didik kelas IX MTs/SMP pada tahun pelajaran 2018/2019 (Reguler-Prestasi)
    2. Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2019 (Reguler-Prestasi)
    3. Mendapatkan rekomendasi sebagai siswa terbaik dari Kepala Madrasah/Sekolah asal sesuai dengan kuota pendaftar per madrasah/sekolah yang ditetapkan (Khusus Reguler)
    4. Mendapatkan Surat Keterangan /Rekomendasi dari Kepala Madrasah /Sekolah asal sebagai siswa berprestasi tingkat Nasional (OSN, KSM Nasional, OPSI, MYRES). (Khusus Prestasi)
    5. Memiliki NISN yang terdaftar pada EMIS (bagi MTs) atau DAPODIK (bagi SMP). (Reguler-Prestasi)
    6. Mengunggah (upload) berkas persyaratan (Reguler-Prestasi):
  • Pas foto berwarna terbaru ukuran 3 cm x 4 cm (Max 300KB).
  • Fotokopi rapor yang telah dilegalisasi (semester 3, 4 dan 5).
  • Fotokopi Akte Kelahiran/Kenal Lahir
  • SuratKeterangan Tahfiz Al Qur’an dari madrasah/sekolah dalam bentuk JPG/PNG (mak. 300 kb) bagi yang memiliki.
  • Fotokopi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau kartu Program Keluarga Harapan (PKH) / Kartu Indonesia Pintar (KIP) (bagi pendaftar yang mengajukan beasiswa pendidikan)

 

  1. Pelaksanaan Seleksi
    1. Seleksi Berkas: Siswa yang dinyatakan lulus seleksi berkas berhak mengikuti tes seleksi CBT.Diumumkan melalui : https://madrasah.kemenag.go.id/snpdb2019
    2. Tes Seleksi :Tes seleksi menggunakan Computer Based Test(CBT), meliputi: Tes Potensi Belajar (90 Menit) dan Tes Akademik (120 Menit) untuk bidang studi; Matematika, IPA, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.
No. Kegiatan Tanggal
1. Informasi dan Sosialisasi SNPDB 15 Januari s.d 8 Maret 2019
2. Pendaftaran (online) Reguler 18 Februari s.d 15 Maret 2019
3. Pendaftaran (online) jalur prestasi 18 Februari s.d 5 Maret 2019
4. Seleksi Berkas 5 s.d 22 Maret 2019
5. Pengumuman Kelulusan Jalur Prestasi 26 Maret 2019
6. Pengumuman Peserta CBT 29 Maret 2019
7. Computer Based Test (CBT) 13 – 14 April 2019
8. PengumumanKelulusan 30 April 2019
9. Daftar Ulang 2 Mei – 8 Mei 2019
10. Awal Masuk Asrama 13 Juli 2019

Seluruh pendaftar SNPDB Man insan cendekia baik jalur tes maupun non tes,Melakukan pendaftaran secara daring/online dengan cara mengakses kealamat website Madrasah Kemenag dengan mekanisme sebagai berikut :

  • Pendaftar membuat akun pendaftaran SNPDB MAN IC dengan menggunakan akun email dan nomor induk kependudukan (NIK) calon pendaftar melalui aplikasi yang ditetapkan.
  • Pendaftar memilih jalur seleksi tes,jalur luar negeri atau jalur prestasi.
  • Pendaftar melakukan input data dan mengunggah dokumen surat rekomendasi dari kepala madrasah/sekolah asal.
  • Khusus pendaftar jalur prestasi melakukan input data tambahan berupa sertifikat/piagam prestasi.
  • Pendaftar memilih MAN insan cendekia paling banyak 2 lokasi.
  • Pendaftar mengunggah berkas yang dipersyaratkan.
  • Pendaftar memilih lokasi tes sesuai yang diinginkan.
  • Pendaftar mencetak kartu pendaftaran jika seluruh formulir telah diisikan dengan baik dan benar sebagai bukti telah terdaftar dalam SNPDB MAN IC.
  1. Biaya personal pendidikan berupa makan,dan pakaian seragam yang tidak dianggarkan dalam DIPA Madrasah dibebankan kepada masing-masing orang tua/wali peserta didik baru MAN Insan cendekia.Biaya personal ini merupakan sumbangan biaya dari dan untuk peserta didik yang bersangkutan yang digunakan untuk membiayai kepentingan peserta didik yang bersangkutan.
  2. Pengelolan sumbangan biaya personal peserta didik sebagaimana dimaksud dalam poin 1 diatas dilaksanakan oleh komite madrasah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.Besar biaya personal tersebut berdasarkan kesepakatan rapat komite madrasah yang melibatkan orang tua/wali siswa yang disesuaikan dengan kondisi daerah setempat.
  3. Peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu yang dibuktikan dengan kartu keluarga sejahtera (KKS) atau kartu program keluarga harapan (PKH) atau kartu indonesia pintar (KIP) dapat diberikan keringanan biaya personal dengan mempertimbangkan ketersediaan anggaran yang tercantum dalam DIPA dan/atau sumber lain yang sah.

Peserta tes dinyatakan lulus apabila:

  1. Lulus dari satuan pendidikan MTs/SMP;
  2. Memiliki skor tes potensi belajar tidak;kurang dari batas minimal yang telah ditetapkan;
  3. Memiliki skor tes akademik masih berada pada batas nilai passing grade yang ditetapkan;
  4. Lulus dari tes kesehatan yang meliputi:
    • bebas narkoba, dan
    • bebas dari penyakit menular (hepatitis, TBC, menular berbahaya) yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Pemerintah

Informasi Penting

Demi kelancaran proses pendaftaran kami sediakan aplikasi untuk dapat mempermudah upload data peserta

SILAKAN DOWNLOAD PENGUMUMAN SNPDB 2018 MAN INSAN CENDEKIA PEKALONGAN download disini

Frequently Asked Questions

Jawab : Ini portal PPDB online milik MAN Insan Cendekia

Jawab : Gratis. Penyelenggaraan PPDB ini tidak dipungut biaya.

Jawab : Silakan cek besarnya file foto, dan berkas yang diupload. Jangan melebihi batas maksimal yang diberikan.

Jawab : Silakan login kemudian masuk ke halaman Profil. Anda dapat menyunting sebagian data anda. Jika sudah terlanjut dikirim, silahkan mengubungi panitia.

Jawab : Ada kemungkinan akses internet yang anda gunakan tidak memadai (terlalu lambat) atau anda menutup tab browser saat halaman pendaftaran sedang diproses. Silakan membatalkan pendaftaran dan mencoba lagi.

Jawab : Karena mulai tahun ajarah 2015/2016 siswa dikenakan biaya personal perbulan, kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan ekonomi orang tua untuk membayar biaya personal, jika dipilih tidak mampu, maka harus melampirkan Kartu Perlindungan Sosial atau Kartu Indonesia Pintar.

Jawab : ada 3 pilihan jalur untuk tes PPDB

  1. Jalur Reguler adalah mereka yang memperoleh surat rekomendasi kepala madrasah
  2. Prestasi adalah mereka yang memiliki prestasi di OSN, KSM, KIR tingkat nasional yang dibuktikan dengan sertifikat ( boleh di luar 7/10 yang direkomendasikan kepala madrasah/sekolah)
  3. Hafalan Alqur’an 10 juz atau lebih dengan melampirkan surat keterangan

Jawab : Mungkin ada form yang belum anda isi atau formatnya salah. Silakan cek kembali. Jika masih tidak bisa, coba untuk merefresh halaman/mengklik lagi menu Pendaftaran.

Jawab : Pilihan 1 pendaftar untuk yang ada MANIC harus satu propinsi dengan alamat orang tua.

Jawab : Jika anda yakin hal ini bukan dikarenakan akses internet anda yang bermasalah/lambat, silakan dicoba lagi di waktu dimana kemungkinan trafiknya kembali normal, misalnya pada malam hari.