Visi dan Misi

MAN Insan Cendekia Pekalongan

VISI DAN MISI

Visi MAN Insan Cendekia Pekalongan

Terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam keimanan dan ketaqwaan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, dan mampu mengaktualisasikannya dalam masyarakat.

Misi MAN Insan Cendekia Pekalongan

  • Menyiapkan calon pemimpin masa depan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mempunyai daya juang tinggi, kreatif, inovatif, proaktif dan mempunyai landasan iman dan taqwa yang kuat.
  • Menumbuhkembangkan niat, bakat, dan potensi peserta didik untuk meraih prestasi pada tingkat nasional maupun internasional.
  • Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan professional pendidik dan tenaga kependidikan sesuai perkembangan dunia pendidikan.
  • Menjadikan MAN Insan Cendekia sebagai lembaga pendidikan yang mempunyai tata kelola yang baik dan mandiri.
  • Menjadikan MAN Insan Cendekia sebagai model dalam dalam pengembangan pembelajaran IPTEK dan IMTAK bagi lembaga pendidikan lainnya.

Tujuan MAN Insan Cendekia Pekalongan

  1. Menghasilkan lulusan yang berkarakter Islami, berwawasan ke-Indonesia-an, kebangsaan, internasional dan kemanusiaan.
  2. Menghasilkan lulusan yang menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan keIslaman, sains, teknologi, ilmu sosial, dan seni-budaya untuk meraih prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Membentuk lulusan yang berkarakter dan mampu melakukan perubahan yang didasari oleh prinsip-prinsip Islam Rahmatan Lil’alamin.

Target MAN Insan Cendekia Pekalongan

  1. Diperolehnya prestasi akademik dan non akademik yang optimal oleh peserta didik MAN Insan Cendekia Pekalongan.
  2. Diterimanya lulusan MAN Insan Cendekia Pekalongan di perguruan tinggi yang berkualitas baik di dalam negeri maupun di luar negeri lebih dari 90%.
  3. Diperolehnya prestasi akademik yang baik bagi alumni MAN Insan Cendekia Pekalongan selama studi di perguruan tinggi.
  4. Terciptanya kehidupan religius dilingkungan madrasah dengan bercirikan perilaku rajin beribadah, rajin belajar, ikhlas, mandiri, sederhana, ukhuwah, dan kebebasan berkreasi.
  5. Siswa Mampu menghafal Al-Qur’an minimal 5 Juz
  6. Siswa mampu menghafal dan memahami, minimal 40 hadits