Berita

Pekalongan – Tahun ajaran baru 2015 ini merupakan tahun pertama bagi MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan dalam melaksanakan kegiatan Belajar mengajar, hal ini yang disampaikan walikota Pekalongan dr. H.M. Basyir Ahmad dalam sambutannya pada acara Pembukaan dan Penyambutan Orang Tua dan Peserta Didik MAN Insan Cendekia. “ini merupakan tahun awal bagi MAN Insan Cendekia dalam memulai kegiatan belajar mengajar, kita ketahui bersama bahwa MAN Insan Cendekia ini lahir dengan perjuangan, kita bersaing dengan Kota lain untuk mendapatkan MAN Insan Cendekia ini. Kedepannya MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan harus menjadi MAN Insan Cendekia terbaik di Indonesia, selain itu juga mampu melahirkan alumni alumni terbaik di negeri ini” tutur Walikota Pekalongan, dr. H.M. Basyir Ahmad. (26/6)

Selain dihadiri orang tua murid, pembukaan MAN Insan Cendekia ini juga dihadiri langsung oleh ketua DPRD Kota Pekalongan Hj. Balgis Diab, S.Ag, S.E. M.M, selain itu hadir juga Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Drs. H. Jamun Efendi, M,Pd.I. Bapak Jamun Efendi, M,Pd.I menyatakan bahwa “ini merupakan tahap pertama, pada kesempatan kali ini murid dikenalkan oleh seluruh guru serta pengurus yang ada di MAN IC ini, orang tua siswa juga diperlihatkan sarana dan pra sarana yang ada di MAN IC ini. Untuk mode penerimaan siswa disini menggunakan seleksi Nasional, semua putra putri daerah berhak mengikuti seleksi di MAN Insan Cendekia ini, siswa siswi yang mendaftar di MAN IC ini, harus memiliki nilai yang bagus tentunya, persaingan disini ketat, tidak ada istilah “nitip”, disini semua fair, siapa yang berkompeten lah yang akan diterima disini. Tidak hanya murid yang melewati tahap seleksi nasional, staf pengajar disini juga melewati tahap seleksi tingkat nasional, terbukti ada guru dari Gorontalo juga” tuturnya.

Jumlah siswa pada angkatan pertama di MAN Insan Cendekia ini berjumlah 96 siswa, siswa siswi inlah yang lolos tahap seleksi tingkat nasional dari sabang sampai merauke, untuk Jawa Tengah ada 50 siswa siswi yang lolos seleksi ini, sisanya dari Jawa Barat ada 20 siswa sisanya berasal dari NTB, Banten dan Jawa Timur dan juga ada siswa yang berasal dari Papua. Jumlah murid sejumlah 96 ini sebenarnya masih belum memenuhi target, “sebenarnya target siswa per angkatan itu sejumlah 120 orang, karena asrama siswa sendiri diperuntukkan untuk 360 siswa, jadi per angkatan sejumlah 120 siswa, ya mungkin di tahun 2016 mendatang kita akan menambah jumlah siswa agar target dapat terpenuhi” tutur Drs. H. Jamun Efendi, M,Pd.I, selaku Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Tengah.

Walikota Pekalongan dalam sambutannya menyampaikan “apabila kita ingin merubah negara ini, kita harus berpikiran bahwa dari diri kita untuk Indonesia, begitu juga saya dalam memimpin, selalu saya tekankan bahwa Dari Pekalongan Untuk Indonesia, begitu juga dengan MAN Insan Cendekia ini, saya berharap kedepannya tertanam dari MAN Insan Cendekia untuk Indonesia,  dengan begitu kita bertekad untuk bersama sama menghasilkan alumni alumni terbaik yang lahir dari MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan ini.

Semoga kedepannya MAN Insan Cendekia mampu membentuk Alumni alumni yang berkualitas serta mampu berguna bagi bangsa dan Negara ini.

ADI / Sekretariat DPRD Kota Pekalongan

Leave a Reply