Berita

PEKALONGAN – Pengelolaan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN), Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pekalongan dinilai berhasil. Atas prestasi itu tahun ini akan digarap proyek MAN Insan Cendekia yang merupakan sekolah prestasi tingkat nasional.

Menurut Kepala Kantor Kemenag DR H Suratno MPd, proyek tersebut dilaksanakan di Kota Pekalongan mulai tahun ini karena Kota Pekalongan dinilai layak untuk pendirian sekolah prestasi tingkat nasional. “Keberhasilan kita dalam pengelolaan mutu dan kualitas pendidikan, tidak hanya siswa saja, melainkan guru menjadikan proyek MAN Insan Cendekia akan didirikan di Kota Pekalongan. Sebab dari segi lahan maupun Sumber Daya Manusia (SDM) sudah siap untuk penempatan sekolah prestasi ini,” katanya.

MAN Insan Cendekia di Indonesia sekarang ini baru ada lima sekolah saja dan Kota Pekalongan menjadi yang keenam. Pelaksanaannya digarap mulai tahun ini dan telah dianggarkan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Jateng. Sedangkan peserta didik di sekolah prestasi tersebut berdasarkan seleksi secara nasional dengan peserta seluruh Indonesia. Siswa-siswanya yang ada di sekolah itu adalah mereka pemilik prestasi terbaik.

Tidak Mengganggu

“Siswa akan mendapatkan banyak fasilitas, selain asrama, pendidikan gratis, juga lulusannya akan menerima beasiswa di perguruan tinggi sesuai dengan pilihan siswa. Sekolah ini benar-benar merupakan sekolah prestasi,” katanya. Keberadaan sekolah tersebut tidak akan mengganggu pelaksanaan sistem belajar mengajar di MAN Kota Pekalongan, karena ada sekolah sejenis yang bisa mencetak siswa-siswa prestasi tingkat nasional. Tak hanya itu, di seluruh sekolah Kementrian agama merupakan sekolah unggulan dan menjadi pilihan masyarakat, bukan sebagai sekolah alternatif setelah tidak diterima di sekolah negeri. (H52-49)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 08-01-2013)